Senin, 25 Juli 2016

PENGERTIAN BASIS DATA

-PENGERTIAN BASIS DATA

Basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan dan di simpan pada media elektronik maupun secara manual.

TUJUAN BASIS DATA*.

Mengatur data sehingga di peroleh kemudahan, kecepatan, dan ketepatan apabila ingin menggunakan kembali data tersebut.Tidak adanya redundansi dan menjaga konsistensi data tersebut.Pengaturan, penempatan, dan pemilihan data sesuai dengan fungsi dan jenis nya (mempermudahagar tidak sulit menemukan data tertentu).

-MANFAAT BASIS DATA

1). KecepatanDengan menggunakan basis data dapat mempercepat dan mempermudah pengambilan informasi.

2). EfisiensiDengan basis data kita tidak perlu menggunakan banyak ruang cukup satu ruangan untuk menyimpan sebuah basis data.

3). KeakuratanDengan basis data dapat menekan ke akuratan dalam penyimpanan data.

4). KetersediaanDengan basis data kita dapat memback-up data danmemilih/memisahkan data yang masih digunakan dengan yang sudah di digunakan lagi.

5). PemusatanKarena basis data hanya memerlukan satu ruangan saja maka dalam mengontrol data juga hanya dilakukan di satu tempat saja.

6). KeamananBasis data dapat di berikan password an hanya orang yang di perintahkan saja yang dapat mngaksesnya.

7). Kemudahan dalam membuat programDengan basis data kita tidak perlu memikirkan penyimpanan data tetapi hanya mengatur interface untuk pengguna.

8). Kebersamaan pemakaianBasis data dapat di gunakan oleh banyak oleh banyak user dan juga banyak aplikasi.

PENGGUNA DALAM BASIS DATA

Data Base Administrator (DBA)Tenaga ahli yang bertugas untuk mengontrol sistem basis data secara keseluruhan, merencanakannya, dan mengaturnya.Application ProgramerPemakai yang berintraksi dengan basis data melalui Data Manipulation Language (DML) yang di tulis pada bahasa pemrograman induk.Data Base DesignerSeseorang yang bertugas mendesain/merancang sebuah database.Worker Behind The SceneSeseorang yang bekerja di balik layar atau yang sering di kenal dengan programer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar